Tuesday, October 4, 2016

Kompetensi Dasar 3.Netwok Layer





Lapisan Jaringan

Lapisan jaringan atau Network layer adalah lapisan ketiga dari bawah dalam model referensi jaringan OSI. Lapisan ini bertanggung jawab untuk melakukan beberapa fungsi berikut:
Lapisan jaringan juga menyediakan layanan connectionless dan connection-oriented terhadap lapisan transport yang berada di atasnya. Lapisan jaringan juga melakukan fungsinya secara erat dengan lapisan fisik (lapisan pertama) dan lapisan data-link (lapisan kedua) dalam banyak implementasi protokol dunia nyata.
Dalam jaringan berbasis TCP/IPalamat IP digunakan di dalam lapisan ini. Router IP juga melakukan fungsi routing-nya di dalam lapisan ini.

RouterImage result for router

Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.  Router minimal memiliki 2 network interface. Dalam postingan sebelumnya tentang mengenal teknik subneting telah disinggung bahwa koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) hanya bisa terjadi dengan bantuan Router.

Fungsi:
Fungsi router. Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

Pada saat ini, perangkat router sudah lebih canggih dan modern. Untuk mendistribusikan IP address kepada setiap komputer pada suatu jaringan, fungsi router tidak saja hanya dapat menghubungkan dengan sambungan kabel LAN, melainkan dapat dengan teknologi wireless. Dengan demikian, router pada saat ini dapat disambungkan pada setiap komputer, laptop, gadget, smartphone yang berada pada jangkauan router tersebut. Cukup dengan memanfaatkan sebuah gelombang radio yang dipancarkan oleh router. Itulah fungsi router.

Protocol Lapisan Jaringan

-IP
-RARP
-ICMP
-IGMP

Paket IP Local di alihkan

-SSH : Aplikasi pengganti remote login seperti telnet,rsh
-VPN : Jaringan pribadi yang menggunakan medium non pribadi.

ICMP

Internet Control Message Protocol (ICMP) adalahsalah satu protokol utama dari Internet Protocol Suite Hal ini digunakan oleh perangkat jaringan komputer, seperti router, untuk mengirim pesan yang menunjukkan kesalahan, misalnya layanan yang diminta tidak tersedia atau host atau router tidak bisa dihubungi. ICMP juga dapat digunakan untuk menyampaikan pICMP adalah singkatan dari Internet Control Message Protocol sebagaimana didefinisikan oleh RFC 792 dan RFC 1122 digunakan untuk melaporkan kesalahan jaringan dan menghasilkan pesan yang membutuhkan perhatian. Sebagai protokol, Fungsi ICMP adalah mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus.esan permintaan, Hal ini ditugaskan pada protokol nomor 1. ICMP untuk Internet Protocol versi 4 (IPv4) juga dikenal sebagai ICMPv4. IPv6 memiliki protokol yang sama, ICMPv6 .
Pelaporan Kesalahan yang dilakukam oleh ICMP umumnya terkait dengan pemrosesan datagram. ICMP hanya melaporkan kesalahan yang melibatkan fragmen 0 dari setiap datagram terfragmentasi. IP,UDP atau TCP lapisan biasanya akan mengambil tindakan berdasarkan pesan ICMP. ICMP umumnya dimiliki lapisan I TCP / IP, tetapi bergantung pada IP dukungan pada lapisan jaringan. Pesan ICMP diringkas (encapsulated) dalam datagram IP.

Jenis Pesan ICMP Adalah :

  • ICMP Error Message (dihasilkan bila terjadi kesalahan Jaringan)
  • ICMP Query Message (dihasilkan bila pengirim paket mengirimkan informasi tertentu yang berhubungan dengan kondisi jaringan
  • ICMP akan melaporkan informasi jaringan berikut:
  • Timeout (batas waktu habis)
  • Kemacetan jaringan
  • Kesalahan jaringan misalnya host atau jaringan tidak terjangkau
ICMP mendukung perintah ping, dan dapat digunakan pula untuk debug masalah jaringan.
pengertian icmp & fungsi icmp
pengertian icmp & fungsi icmp
Pesan ICMP adalah terdiri dari tipe 8 bit, kode 8 bit, checksum 8 bit, dan isi yang bervariasi tergantung pada kode dan jenis pesan. Tabel di bawah ini adalah daftar pesan konrol ICMP

0 comments:

Post a Comment